hazard k3lh

Tugas K3LH

A. Analisa Resiko
1.  Daftar kemungkinan dan konsekuensi dari bahaya pekerjaan Seorang Pembalap motor.
Jenis Bahaya
Risiko
Konsekuensi
Faktor fisik
§ latihan yang banyak


§  Kelelahan

Tidak fokus
Faktor Biologis
§  sakit

§  Tidak kuat

terjatuh
Faktor ergonomic
§ membungkuk terlalu lama

§ Tangan selalu bergerak

 §    Pegal-pegal, Varises

§  Keseleo

§ Kesemutan
§ Kram
§ Kecapekan
Faktor Psikososial
§  Jam kerja yg lama/ istirahat kurang.

§  Stress




§  Hilang kosentrasi

§  Pusing
Alat Perlindungan Diri dan Sterilitas Dalam kerja
§ Tidak memakai sarung tangan dan helm



§  mata cepat kering 
dan tangan pegal


§  hilang keseimbangan
dan konsentrasi
Kecelakaan saat membalap
§  Saat membalap tidak fokus

§  terluka dan 
patah tulang 

§ tidak bisa
membalap beberapa
saat












2. Bentuk analisa semikualitatif

Tingkat Keparahan
Kemungkinan Terjadi
Jarang Terjadi

(1)
Kurang mungkin terjadi (2)
Mungkin terjadi
(3)
Sangat Mungkin terjadi (4)
Hampir Pasti terjadi
(5)
(1)
Tidak ada pengaruh





(2)
Pengaruh sangat ringan
latihan yang banyak
Memakai
masker


Stress yang berlebihan
(3)
Pengaruh ringan
Memakai sarung tangan



Tangan
& kaki     tidak brhenti bekerja
(4)
Pengaruh serius


Mengangkat yg berat


(5)
Pengaruh fatal








B.     Evaluasi Risiko
Dari tabel analisa semikualitatif ditentukan prioritas risiko sebagai berikut:

NO.
HAZARD
SKOR
TAFSIRAN
1.
kecapekan karena banyak latihan
2
Jarang terjadi,Pengaruh sngt ringan
2.
Memakai sarung tangan
3
Jarang terjadi,pengaruh ringan
3.
Memakai masker
4
Kurang mngkin terjadi,pengaruh
sangat ringan
4.
Stress yg berlebihan
10
Hampir pasti terjadi,
pengaruh sngat ringan
5.
Mengangkat yg berat
12
Mungkin terjadi,pengaruh serius
6
Tangan dan kaki slalu beraktifitas
15
Hampir pasti terjadi,pengaruh ringan


C.     Pengendalian Risiko
NO.
HAZARD
PENGENDALIAN
1.
Tangan dan kaki slalu bekerja
Sering beristirahat
2.
saat membalap di lintasan
Memakai sarung tangan dan helm serta wearpack
3.
Saat melaju lurus
perhatikan jalan dan 
fokus
4.
Saat menikung
§Memakai
ban
yang cocok dengan
cirkuit
5.
Saat sprint akhir
Usahakan
arah badan
condong ke bawah