Tugas K3LH
A. Analisa Resiko
1. Daftar kemungkinan dan konsekuensi dari bahaya pekerjaan Seorang Pembalap motor.
Jenis Bahaya | Risiko | Konsekuensi |
Faktor fisik § latihan yang banyak | § Kelelahan | Tidak fokus |
Faktor Biologis § sakit | § Tidak kuat | terjatuh |
Faktor ergonomic § membungkuk terlalu lama § Tangan selalu bergerak | § Pegal-pegal, Varises § Keseleo | § Kesemutan § Kram § Kecapekan |
Faktor Psikososial § Jam kerja yg lama/ istirahat kurang. | § Stress | § Hilang kosentrasi § Pusing |
Alat Perlindungan Diri dan Sterilitas Dalam kerja § Tidak memakai sarung tangan dan helm | § mata cepat kering dan tangan pegal | § hilang keseimbangan dan konsentrasi |
Kecelakaan saat membalap § Saat membalap tidak fokus | § terluka dan patah tulang | § tidak bisa membalap beberapa saat |
2. Bentuk analisa semikualitatif
Tingkat Keparahan | Kemungkinan Terjadi | ||||
Jarang Terjadi (1) | Kurang mungkin terjadi (2) | Mungkin terjadi (3) | Sangat Mungkin terjadi (4) | Hampir Pasti terjadi (5) | |
(1) Tidak ada pengaruh | |||||
(2) Pengaruh sangat ringan | latihan yang banyak | Memakai masker | Stress yang berlebihan | ||
(3) Pengaruh ringan | Memakai sarung tangan | Tangan & kaki tidak brhenti bekerja | |||
(4) Pengaruh serius | Mengangkat yg berat | ||||
(5) Pengaruh fatal |
B. Evaluasi Risiko
Dari tabel analisa semikualitatif ditentukan prioritas risiko sebagai berikut:
NO. | HAZARD | SKOR | TAFSIRAN |
1. | kecapekan karena banyak latihan | 2 | Jarang terjadi,Pengaruh sngt ringan |
2. | Memakai sarung tangan | 3 | Jarang terjadi,pengaruh ringan |
3. | Memakai masker | 4 | Kurang mngkin terjadi,pengaruh sangat ringan |
4. | Stress yg berlebihan | 10 | Hampir pasti terjadi, pengaruh sngat ringan |
5. | Mengangkat yg berat | 12 | Mungkin terjadi,pengaruh serius |
6 | Tangan dan kaki slalu beraktifitas | 15 | Hampir pasti terjadi,pengaruh ringan |
C. Pengendalian Risiko
NO. | HAZARD | PENGENDALIAN |
1. | Tangan dan kaki slalu bekerja | Sering beristirahat |
2. | saat membalap di lintasan | Memakai sarung tangan dan helm serta wearpack |
3. | Saat melaju lurus | perhatikan jalan dan fokus |
4. | Saat menikung | §Memakai ban yang cocok dengan cirkuit |
5. | Saat sprint akhir | Usahakan arah badan condong ke bawah |